oleh

KPU Libatkan Pelajar Sortir Surat Suara

-Politik-330 views

KAIMANA, KT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana akan segera melakukan penyortiran surat suara, yang akan digunakan pada Pemilu April 2019 mendatang. Sebelumnya, surat suara tersebut telah tibah di Kaimana, pada Senin 4 maret lalu dengan menggunakan kapal laut.

“Jadi sortir, surat suara telah kami rencanakan pada hari ini. Akan tetapi kami harus menghadiri, rapat dengar pendapat dengan DPRD Kaimana. Sehingga pelaksanaannya, tidak kami laksanakan. Penyortiran ini sendiri akan melibatkan, siswa dari beberapa sekolah. Selain itu kami juga melibatkan, ibu-ibu Persit dan ibu-ibu Bhayangkari serta, perseketuan ibu-ibu Gereja dan Orang Muda katolik (OMK). Surat sudah kami kirim sebagai pemberitahuan resmi kepada mereka,” jelas Komisioner KPU Kaimana, Jhon Philips Kiruwa, SH kepada Kabar Triton di Kantor DPRD Kaimana, Selasa (5/3).

Kirwa juga menuturkan, selain dibantu dari pihak lain akan tetapi pihaknya juga, akan melibatkan Relawan Pemilu, serta anggota PPD yang ada di Kabupaten Kaimana. “Jadi kita rencana untuk sortir awal itu pada sore ini. Kita menggunakan sistem rolling  kepada para penyortir ini. Anak sekolah akan kita libatkan mereka pada sore hari, setelah mereka pulang sekolah. Untuk pagi harinya akan kita libatkan ibu-ibu, dan para penyortir ini kurang lebih berjumlah ratusan orang,” tuturnya.

Dalam keteranganya juga, mantan Ketua KPU Kaimana ini mengakui, dari jumlah surat suara yang dikirim. Terdapat empat ribuan surat suara cadangan untuk mengantisipasi terjadinya pemilihan ulang per dapil. “Per dapil ada seribu surat suara untuk antisipasi pemilihan ulang, dan sudah disiapkan untuk empat dapil yang ada. Dan surat suara ini, sudah memiliki tulisan yakni untuk pemilihan ulang jika memang dibutuhkan. Dan hal ini untuk pemilihan anggota legislatif tingkat kabupaten, sementara untuk surat suara cadangan DPD, DPR-RI dan Presiden tersedia di pusat, sementara untuk DPRD-Provinsi akan tersedia di provinsi,” pungkasnya. (ARJ-R2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru