oleh

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Triton Meningkat

-Ekbis-386 views

KAIMANA, KT- Jumlah kunjungan turis manca negara ke kawasan wisata Teluk Triton terus mengalami peningkatan yang berarti. Peningkatan itu menyusul kawasan wisata Teluk Triton mulai dikenal oleh dunia internasional dengan sejumlah keindahannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana, Usman Werfete, kepada wartawan, Selasa (26/3/2019) usai mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) di Gedung DPRD Kaimana menyebutkan, peningkatan jumlah kunjungan turis manca negara ini dipicu oleh adanya pergerakan trend pariwisata nasional yang semakin meningkat.

“Benar, bahwa kita tidak bisa pungkiri lagi, Kaimana saat ini mulai dikenal oleh dunia luar. Datanya memang sedang kami olah terkait dengan jumlah kunjungannya. Tetapi, setiap minggu, ada 6 sampai 7 kapal yang  masuk ke Kaimana. Ini peningkatan yang cukup tinggi. Jika 6 sampai 7 kapal itu, satu kapal belasan orang, maka bisa dikalikan, berapa turis yang masuk ke Triton,” akunya.

Meski demikian, dia mengaku, kedatangan wisatawan manca negara tersebut tidak melalui pemerintah daerah, sehingga pihaknya tidak memiliki data yang akurat terkait dengan jumlah kunjungan tersebut.

“Mereka datang langsung ke kawasan wisata Teluk Triton dan tidak melalui Pemerintah Daerah atau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Ini yang sedang kami upayakan untuk koordinasi dengan lembaga yang menangani hal ini. Kita juga akan dorong pembentukan regulasi terutama Peraturan Bupati, sehingga bisa memberikan keuntungan bagi daerah,” tegasnya.

Disinggung soal kartu pin yang sempat diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk penerimaan pendapatan daerah dari kunjungan wisatawan, kata dia, berdasarkan evaluasi pihaknya hal itu tidak optimal sehingga tidak dijalankan lagi.

Dia mengaku, dengan pendataan yang akurat maka bisa memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata di Kaimana untuk masa-masa yang akan datang.

“Mereka datang tidak melalui kita, sehingga kita juga kesulitan dalam menentukan program pengembangannya seperti apa ke depan, termasuk usulan ke Pemerintah Provinsi maupun Pusat. Kan kita harus tahu berapa jumlah wisatawan manca negara yang datang ke sini, termasuk dari negara-negara mana saja,” ujar Usman sambil mengaku, wisatawan Korea pun sudah mulai masuk ke kawasan Wisata Teluk Triton.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru