oleh

Satgas Covid 19 Siap Antisipasi 258 Penumpang Turun di Pelabuhan Laut Kaimana

-Hukrim-408 views

KAIMANA, KT- Dipastikan, Rabu (25/3/2020) sebanyak dua kapal akan sandar di Pelabuhan Laut Kaimana.

Dua kapal penumpang tersebut, masing-masing, KM Tidar yang datang dari Makassar, mengangkut penumpang sebanyak 250 orang dan KM Sabuk Nusantara 75 dari Fakfak yang mengangkut penumpang sebanyak 8 orang.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Kaimana, dr. Alberth Kapitarauw, Sp.B dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan mengatakan, untuk kedatangan kapal di Pelabuhan Laut Kaimana, proses pemeriksaan para penumpang akan tetap dilakukan di pelabuhan laut Kaimana.

“Kita akan tetap melakukan thernal scan sebagai screening antisipasi penyebaran covid 19 di Kaimana. Dan dipastikan, upaya pencegahan tersebut akan dipimpin langsung Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Kaimana,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, penanganan terhadap para penumpang yang suhunya di atas normal, akan dievakuasi ke RSUD Kaimana untuk penanganan lebih lanjut.

“Untuk proses penanganan jika ditemukan penumpang dengan suhu di atas normal dan dari daerah/zona yang terinfeksi, àkan diarahkan ke puskesmas terdekat. Jika tidak ada indikasi, bisa dipulangkan dengan himbauan untuk isolasikan diri selama 14 hari,” ujarnya.

Dia menambahkan, selanjutnya jika membutuhkan perawatan di rumah sakit, maka akan dirujuk ke RSUD dan jika indikasinya hanya observasi, maka akan dilakukan observasi.

“Kalau memang pasien tersebut membutuhkan perawatan lebih lanjut, maka akan kami rawat dan evaluasi di ruang isolasi RSUD Kaimana,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Pelni Cabang Kaimana, Budi Wibowo, yang juga berhasil dikonfirmasi melalui saluran telepon selulernya, Selasa (24/3/2020) malam membenarkan dua kapal akan sandar di Pelabuhan Laut Kaimana.

“Sesuai dengan petunjuk teknis penanganan Covid 19 di setiap pelabuhan, seluruh penumpang yang akan turun dari kapal, dilakukan scaning suhu badan mereka satu per satu. Protapnya kita sesuaikan dengan apa yang sudah ada dalam juknis tersebut,” akunya.

Dia juga mengatakan, pemeriksaan setiap penumpang kapal ini akan dilaksanakan dengan melibatkan Satgas Covid 19 Pemkab Kaimana serta unsur terkait lainnya, termasuk dengan TNI dan POLRI.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru