oleh

Resmi Terima Rekomendasi PAN, Fredy Thie-Hasbullah Furuada Siap Bertarung!

-Politik-381 views

KAIMANA, KT- Pasca menerima rekomendasi dari DPP Partai Demokrat, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 2020-2025, Fredy Thie dan Hasbullah Furuada, Selasa (30/6/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN) di Jakarta.

Bakal calon Bupati Kaimana yang juga merupakan Ketua DPC Partai Demokrat, Fredy Thie, dalam press releasenya kepada Kabar Triton, Selasa (30/6/2020) mengatakan, dirinya bersama bakal calon Wakil Bupati, Hasbullah Furuada, telah siap mendaftar ke KPU sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 2020-2025.

Dijelaskan, reekomendasi dari PAN tersebut langsung diserahkan oleh Bendahara Umum DPP PAN, Totok Daryanto, mewakili Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan, di Sekretariat DPP PAN Jalan Jl. Senopati Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2020) dan didampingi Ketua DPW PAN Provinsi Papua Barat, Rahmat Sinamur.

Sekedar diketahui, dengan bertambahnya rekomendasi dari DPP PAN kepada pasangan Fredy Thie dan Hasbullah Furuada, maka bakal calon bupati dan wakil bupati ini akan resmi mendaftar ke KPU yang akan dilaksanakan pada September 2020 mendatang.

Fredy dan Hasbullah sendiri, sebelumnya hanya didukung oleh DPP Partai Demokrat, yang hanya memiliki 3 kursi di DPRD Kaimana. Untuk bisa mencapai 4 kursi, saat ini Fredy dan Hasbullah telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN, artinya keduanya bisa memenuhi 4 kursi untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 2020-2025.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Kaimana, Fatamsya Furu, dalam keterangannya saat memberikan keterangannya melalui saluran telepon seleulernya, Selasa (330/6/2020) petang mengaku, dirinya telah dihubungi dpP PAN terkait dengan penyerahan surat rekomendasi tersebut.

“Benar, kami telah dihubungi DPP PAN terkait dengan penyerahan rekomendasi tersebut,” tegasnya.

Dia lebih lanjut mengatakan, dengan adanya rekomendasi tersebut, maka dipastikan Demokrat dan PAN akan berkoalisi untuk mendukung Fredy dan Hasbullah pada Pilkada 9 Desemberr 2020 mendatang.

PDI Perjuangan Tetap Dukung Rita dan Leo

Kader PDI Perjuangan di DPRD Kaimana, Heri Meturan, dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, hingga saat ini, DPC PDI Perjuangan tetap mendukung Rita Teurupun daan Leo Syakema pada Pilkada 2020 mendatang.

“Kami tetap mengikuti komando dari DPP Pusat. Meski belum ada rekomendasi, tetapi hal itu sudah diumumkan di depan rapat partai dan disaksikan oleh seluruh Rakyat Indonesia, terkait dengan siapa pemimpin mereka di daerah-daerah pada Pilkada serentak 2020 ini. Artinya, kebijakan partai itu, sebagai kader di daerah kita akan kawal dan mendukungnya,” tegas Heri.

Dia mengatakan, PDI Perjuangan sendiri dengann jumlah kursi sebaanyak 6 di DPRD Kaimana, tetap akan mendorong Rita dan Leo untuk maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 2020-2025.

Disinggung soal adanya kemungkinan akan juga berkoalisi dengan Partai NasDem dalam Pilkada mendatang, kata dia, memang itu sudah ada arahnya ke sana. Karena menurut dia, sudah ada signal positif, Partai NasDem akan memberikan rekomendasi itu.

“Jika itu terjadi maka, PDI Perjuangan yang memiliki 6 kursi dan ditambah lagi dengan NasDem sebanyak 2 kursi, maka dipastikan ada 8 kursi yang akan mendukung Rita-Leo di Pilkada mendatang,” tegasnya.

Partai Golkar dan Koalisi Punya Peluang Besar

Sedangkan, Partai Golkar sendiri, hingga saat ini masih belum ada signal kepastian, ke mana arah dukungan Partai berlambang pohon beringin ini.

Meski demikian, sebelumnya, DPP Partai Golkar telah menyerahkan surat tugas kepada Abdul Rahim Furuada untuk maju sebagai Bupati pada Pilkada mendatang.

Gunjang ganjing soal siapa yang akan berpasangan dengan Furuada, DPD Partai Golkar Kaimana sendiri, dikhabarkan akan mendorong Ketua DPD Partai Golkar Kaimana, Hery Pattimana untuk mendampingi Furuada pada Pilkada mendatang.

Terkait dengan khabar tersebut, baik Furuada maupun Sekretaris DPD Golkar Kaimana, Nus Patiatta, belum dapat dikonfirmasi soal arah dukungan partainya.

Meski demikian, informasi yang diperoleh Kabar Triton, Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa pun dikhabarkan akan mendapatkan rekomendasi Partai Golkar. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui sejauh mana bentuk dukungan terssebut dan siapa pasangan yang akan digandengnya pada Pilkada mendatang.

Partai Golkar sendiri, memiliki sejumlah kader yang bisa diandalkan dalam perhelatan politik Pilkada Kaimana 2020 mendatang. Salah satunya yakni Frans Amerbay, yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Kaimana.

Jika Golkar dengan 4 kursi di DPRD akan mendorong 1 pasangan bakal calon, maka besar kemungkinan, akan ada 3 pasangan bakal calon yang akan bertarung pada Pilkada Kaimana 2020 mendatang.

Jika Demokrat dan PAN, PDI Perjuangan dan NasDem serta Partai Golkar dengan salah satu koalisinya, maka beberapa partai politik lainnya, seperti PPP, Gerindra dan Hanura akan berkoalisi atau akan membentuk koalisi baru? Kita tunggu tanggal mainnya.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru