oleh

Sembuh, Hari Ini Pasien 01 Covid 19 Kaimana Akhirnya Dipulangkan

-Kesehatan-624 views

KAIMANA, KT- Pasien 01 covid 19 Kaimana yang terkonfirmasi positif covid 19, berinisial TG (23), sekitar pukul 17.30 WIT, Rabu (8/7/2020), akhirnya dipulangkan ke kediamannya setelah yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan menjalani karantina mandiri.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kaimana, Matias Mairuma dalam press releasenya yang berhasil diterima Kabar Triton, menjelaskan beberapa hal terkait dengan pemulangan pasien 01 covid 19 Kaimana.

Dikatakan, pasien 01 covid 19 Kaimana, sebelumnya merupakan salah seorang aparat keamanan yang bertugas di karantina terpusat di Balai Pertanian Krooy dan tidak pernah tercatat sebagai pelaku perjalanan keluar daerah. Diduga yang bersangkutan, telah kontak langsung dengan pasien lainnya yang reaktif rapid test.

Untuk itu, tim gugus tugas melakukan rapid test kepada yang bersangkutan dan selama dua kali rapid test, menunjukan adanya reaktif.

Selanjutnya, sesuai dengan protokol penanganan pasien covid 19, dilakukan pengambil sampel swab pada 22 Mei 2020 lalu dan dikirim ke Balai Besar Laboaratorium di Jakarta yang akhirnya terkonfirmasi positif.

Dikatakan, yang bersangkutan pun akhirnya dirawat di ruang isolasi selama 42 hari dan kondisi yang bersangkutan masih dalam kondisi stabil dan tidak ada perburukan. Selanjutnya, dilakukan lagi pengambilan sampel swab kedua, yakni 26 Juni 2020 yang dari hasil sampel swab tersebut hasilnya negatif.

Meski demikian, tim gugus tugas terus melakukan pemeriksaan tahap kedua untuk sampel swab terhadap yang bersangkutan pasca 10 hari yakni 6 Juli 2020 dan hasilnya inkonklusif atau tidak dapat disimpulkan.

Mengingat sejauh ini kondisi klinis yang bersangkutan tidak ada perburukan dan tidak ada gejala klinis yang dirasakan, serta hasil pemeriksaan semua dalam batas normal, akhirnya tim gusus tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Kaimana, memulangkan yang bersangkutan untuk dikarantina mandiri di rumahnya, namun tetap dalam pengawasan tim kesehatan Covid 19 Kabupaten Kaimana.

Mairuma dalam pernyataan persnya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para tim medis covid 19 yang telah berupaya bekerja keras untuk menangani pasien 01 covid 19 Kaimana. Pemerintah Daerah akan tetap mendukung petugas medis dalam penanganan covid 19 di Kabupaten ini.

Acara pemulangan tersebut, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kaimana, Rita Teurupun dan Asisten I Setda Kaimana, Luther Rumpumbo, dan disaksikan oleh seluruh tenaga medis RSUD Kaimana.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru