oleh

Untuk Pertama Kali, 9 Putra Putri Asli Kaimana Ini Tembus Prajurit TNI AL

-Hukrim-7.263 views

KAIMANA, KT- Adalah sebuah kebanggaan bagi warga Kaimana, khususnya orang asli Kaimana, setelah 9 dari 24 calon bintara TNI Angkatan Laut (AL) lolos penerimaan bintara untuk tahun 2020 ini

Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Kaimana, Kapten laut PM Surolik, yang berhasil dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020) membenarkan hal itu.

Dia mengatakan, Bulan Juli lalu, Danposal Kaimana mengirim sebanyak 24 calon bintaraa untuk mengikuti test di Lantamal XIV Kota Sorong.

“Benar, yang lolos pantukhir terakhir sebanyak 9 orang. Dari 9 orang itu, salah satunya perempuan. Dari 9 tersebut, untuk asli Papua sebanyak 4 orang dan 5 orang lainnya merupakan mereka yang lahir dan besar di Kaiamana,” tegasnya.

Dia lebih lanjut mengatakan, Pos AL Kaimana hanya sebagai perpanjangtangan untuk proses penerimaan dan pendaftaran.

“Lalu setelah kita menerima pendaftaran, dikirim datanya ke Sorong, untuk dilakukan seleksi dan test di Sorong. Panitia seleksi terbagi menjadi 2 panitia seleksi dari daerah dan panitia seleksi dari pusat. Terkait panitia seleksi pusat, langsung didatangkan dari Jakarta,” terangnya.

Namun seleksi di Sorong, lanjut dia, pendidikannya akan dilaksanakan di Kabupaten Sorong, yakni di daerah di Katapop.

“Ini merupakan program khusus Papua, yakni penerimaan TNI AL ini, baru tahun ini pertama kali dilaksanakan, dimana dalam seleksi ini, yang diterima betul-betul murni,” ujarnyaa.

Dia juga menambahkan, untuk penentuan kelulusan ini, akan diputuskan melalui Sidang Komisi Penentuan Akhir (Pantukhir) pusat seleksi penerimaan calon diselenggarakan di TNI Angkatan Laut XIV Sorong.

“Mereka yang dinyatakan lolos, nanti akan ditempatkan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Armada III di Sorong. Jadi 9 putra putri Kaimana ini, setelah selesai pendidikan, akan kembali bertugas di wilayah Papua,” pungkasnya.

Berikut adalah nama-nama calon bintara yang telah dinyatakan lolos yakni Hasmarida Waita, Fatanas Sidiq, Paulus Lorwens, Musa Reind Faroka, Ignasius Stingky Helyanan, Rifalino Ohomuar, Muhammad Wahyudi, Rudi A. dan Michael george ohoilulin.(REN-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

Berita Terbaru