oleh

Dua Putri Asli Papua di Kaimana Ini Lulus Kuliah di USA

-Pendidikan-2.583 views

KAIMANA, KT- Dua anak asli Papua, Vitri Rusfia Ufnia dan Awin Yohana Barangsano, akhirnya berhasil lolos test untuk mengikuti kuliah di United States of America (USA).

Vitri Rusfia Ufnia, salah seorang calon mahasiswa yang berhasil dikonfirmasi di kediamannya, Rabu (16/9/2020) mengatakan, program pendidikan kuliah di Amerika Serikat ini adalah program Pemerintah Provinsi Papua.

“Kita mengikuti test secara online. Dari Papua dan Papua Barat hanya 5 orang saja. Untuk Papua Barat, hanya kami dua orang yang mewakili Papua Barat yakni dari Kabupaten Kaimana,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk pendidikan ke USA ini, tahun pertama mereka akan belajar terlebih dahulu di student collage, Papua Hope Languange Institute (PHLI) di Jayapura untuk penyesuaian.

“Jadi setelah setahun belajar di situ, kami akan dikirim ke USA dengan memilih 7 universitas yang disediakan di USA dan satu universitas di Inggris. Ke 8 universitas itu yakni University of Rhode Island, Corban University, Californai Baptist University, Moody Aviation, Seattle Pacific University, Multnomah University, Highline Collage. Sementara yang di Inggris yakni Aberdeen Skotlandia,” tegas mantan siswi SMA Negeri 2 Kaimana ini.

Disinggung soal jurusan yang akan diambil olehnya, kata dia, untuk sementara ini, dirinya pingin mengambil jurusan kedokteran di USA.

Sementara itu, Rusli Ufnia, ayah dari Vitri Rusfia Ufnia dalam keterangannya mengatakan, ini sebuah berkah bagi keluarganya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana, karena selama setahun melaksanakan penyesuaian di Jayapura, Pemerintah Kabupaten Kaimana yang membantu,” akunya.

Dia sangat berharap, agar siswa-siswi berprestasi lainnya sebagai anak asli Papua pun akan mengikuti jejak para mahasiswa berprestasi asal Kaimana untuk bisa kuliah di luar negeri pada tahun-tahun yang akan datang.(ANI-R1)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru