oleh

Menuju Pilkada Kaimana: Tak Miliki e-KTP, Warga Dipastikan Tidak Miliki Hak Suara

-Politik-119 views

KAIMANA, KT- Hingga saat ini, sebagian besar warga di Kabupaten Kaimana, terlebih yang berada di kampung-kampung belum memiliki e-KTP.

Meski, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah melakukan perekaman e-KTP hingga ke kampung-kampung, namun masih saja ada warga yang belum memiliki e-KTP.

Berkaitan dengan hal itu, Komisioner KPU Kaimana Devisi Program dan Data, Chandra Kirana, dalam keterangannya saat dikonfirmasi di kantor KPU Kaimana, Jumat (25/9/2020) menegaskan, sampai saat ini KPU Kaimana tengah menunggu data tambahan pemilih yang telah dilakukan perekaman e-KTP oleh Disdukcapil.

“Kita akan tetap menunggu sampai penetapan DPT nanti 18 Oktober 2020 mendatang. Jika belum juga dimasukan, yah mereka tidak memiliki hak suara di Pilkada nanti,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kaimana, Wahab Pical menyebutkan, perekaman e-KTP bagi warga yang ada di distrik-distrik dan kampung-kampung, tengah dilakukan oleh pihaknya, setelah adanya kemudahan yang diberikan oleh Pemkab dalam perekaman e-KTP itu, termasuk dengan ketersediaan anggaran yang mereka miliki.

Meski demikian, Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie, dalam keterangannya pun menegaskan, dana perekaman e-KTP tersebut ada juga masuk di DPA Distrik-Distrik.

Untuk itu, dia menyarankan agar Disdukcapil segera melakukan koordinasi dengan distrik untuk permasalahan ini.

“Saya pikir juga ada dana kampung yang bisa dicover untuk kepentingan ini. Mungkin pada saat perekaman, warga tersebut sedang tidak berada di kampung. Lalu, keterbatasan ekonomi, dia pun sulit untuk mengurusnya kembali ke Kota. Ini butuh peran juga warga yang bersangkutan untuk berkoordinasi dengan Kepala Kampung dan juga Kepala Distrik. Jangan sampai, mereka yang lahir besar dan tinggal di Kaimana, namun tidak memiliki e-KTP dan tidak mempunyai hak pilih pada Pilkada mendatang,” pungkasnya.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru