oleh

Sejak 2019, Pemda Kaimana Hanya Jalankan Satu Armada Kapal Perintis

-Ekbis-274 views

KAIMANA, KT- Hingga saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana hanya mengoperasikan satu armada kapal perintis untuk melayani angkutan penumpang dan barang ke sejumlah distrik di wilayah Kaimana.

Hal itu dijelaskan,  Kepala Dinas Perhubungan Kaimana, Drs. Daniel Bato, M.T saat dikonfirmasi wartawan Jumad (16/10/2020).

Dia mengatakan, memang saat ini pihaknya masih kesulitan untuk mencari kapal yang standar, sesuai dengan kelayakan pelayaran.

“Pasca laka laut di Danau Toba, Kementerian Perhubungan akhirnya menetapkan aturan tentang keselamatan pelayaran. Untuk itu, aturannya memang mesti diikuti termasuk dengan penyediaan kapal perintis bagi masyarakat di Kaimana saat ini,” jelasnya.

Dia juga mengakui, jika banyak kapal penumpang yang sudah dimodifikasi ruangan serta palka kapal, tetapi hal itu tidak layak digunakan untuk kapal angkutan.

“Ketika kita usulkan ke Kementerian, hanya satu kapal perintis yang disetujui oleh Kementerian Perhubungan, yakni KM. Kabal Yafu. Kapal ini sudah mulai beroperasi sejak 2019 tahun lalu, terbagi ke dalam 3 zona untuk melayani 7 Distrik yang ada di Kaimana,” jelasnya.

Terkait target dan pelayanan masyarakat wilayah Kaimana yang begitu luas dan hanya dengan 1 kapal pelayanan, kata dia, memang kurang efisien.

“Kadang juga kapal ini mengalami kerusakan teknis, bahkan kalau kendala cuaca yang begitu buruk, kapal perintis diistirahatkan. Untuk itu, memang kondisinya seperti ini, kita tidak bisa paksakan. Jika dipaksakan dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, menjadi masalah baru lagi,” pungkasnya.(REN-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru