oleh

Pemda Kaimana Terus Genjot Tanaman Pala di Semua Distrik

-Ekbis-85 views

KAIMANA, KT– Potensi pengembangan tanaman pala di wilayah Kabupaten Kaimana, hingga saat ini terus digenjot pengembangan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kaimana.

Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaimana, Albert Steven Komandiray dalam keterangannya, mengaku, saat ini penanaman pala sudah dilakukan di 3 distrik yakni Teluk Arguni Atas, Kambrauw dan Distrik Kaimana seluas 1.000 hektar.

“Benar, ini merupakan program dari Kementerian Pertanian dan itu sudah selesai dikerjakan. Memang penyiapan bibit dilakukan oleh Kementerian melalui dana APBN. Sementara untuk APBD, disiapkan untuk daya dukung transportasi dan pemeliharaan,” tegasnya.

Untuk pemeliharaan, lanjut dia, telah dibentuk kelompok di masing-masing kampung dan masing-masing KK yang memiliki lahan tersebut diberikan dana sebesar Rp. 1 juta per KK, termasuk pupuk dan peralatan pendukung.

“Memang kalau berbicara mengenai pala, Kaimana memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itu, saat ini kita telah fokus untuk pengembangan di 5 distrik di Kaimana, dengan alokasi anggarannya sebesar 1,145 miliar,” tambahnya.

Dana tersebut lanjut dia, ditransfer langsung ke rekening masing-masing warga dan Dinas hanya menerima laporannya serta pengawasannya saja.

Dia menambahkan, penyebaran bibit pala yakni dibagi berdasarkan kampung, untuk Distrik Kambraw itu terdapat kampung yaitu Bahumia, Distrik Kaimana di Wermura, Distrik Etna di dua kampung yakni Siawatan dan Omba, sedangkan untuk Distrik Teluk Arguni Atas juga di dua kampung yakni Efara dan Borogerba.(YUS-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru